Bank Sampah Ibu-ibu Pengajian

5 April 2014

Bank Sampah Ibu-ibu Pengajian

SANTRIJAGAD – Dulu sampah, kini berkah. Begitulah kiranya kalimat yang menggambarkan aktivitas warga dusun Dukuh Tere, Desa Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Pada hari Ahad, 23 Maret 2014 lalu, telah diresmikan suatu lembaga pemberdayaan masyarakat berupa Bank Sampah oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Agus Subagyo.

Kegiatan ini diinisiasi oleh ibu-ibu jamaah pengajian Majlis Ta’lim Nurul Hikmah Dukuh Tere Desa Tuwel. Di bawah naungan Pengurus Ranting Muslimat/Fatayat Nahdlatul Ulama, pengelolaan Bank Sampah ini ditangani oleh warga masyarakat secara langsung. Dalam prakteknya, kegiatan ini sudah berjalan sejak beberapa minggu sebelumnya.

Sampah-sampah yang dikumpulkan berasal dari limbah keluarga warga setempat. Masing-masing keluarga menyetorkan sampahnya setiap dwipekan untuk ditimbang. Bobot timbangan yang disetorkan dinominalkan menjadi tabungan bagi si penyetor dan bisa diambil hasilnya pada akhir tahun menjelang lebaran. Selanjutnya, sampah-sampah yang telah disortir menurut jenisnya ini diangkut menuju pembuangan akhir untuk dihancurkan ataupun didaur ulang.


Tidak hanya keuntungan ekonomis yang didapatkan dari kegiatan kreatif ini, tetapi juga kelestarian lingkungan yang lebih sehat. Dan tentu saja hubungan sosial di tengah masyarakat bisa terjalin semakin erat. []

*Sumber: Komunitas Tiga Surau
Share on :
Comments
0 Comments
 
Copyright © 2013-2017 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang