Bantuan Sultan Utsmani Untuk Irlandia

26 April 2014

Ketika terjadi paceklik dahsyat di Irlandia 160 tahun lalu, Kesultanan Utsmani menyumbangkan 1,000 sterling lira atau sekitar $1,052,000 untuk ukuran sekarang.


Saat itu, sekitar tahun 1845 hingga 1849, terjadi kelaparan hebat di tanah kekuasaan Britania Raya itu. Sedikitnya satu juta orang meninggal dunia, penyakit merebak, satu juta penduduk mengungsi ke daerah lain.

Sultan Kekhalifahan Utsmani saat itu, Sultan Khalifah Abdul Majid, mengumumkan bantuan sebanyak 10,000 sterling lira untuk para petani Irlandia. Namun Ratu Victoria, penguasa Britania, menolak tawaran itu. Ia menyarankan agar Sultan cukup membantu 1,000 sterling lira saja, karena ia sendiri hanya mengirimkan 2,000 sterling lira.


Maka Sultan memenuhi permintaan itu, hanya sebanyak 1,000 sterling lira disumbangkan, tetapi diikuti dengan tiga unit kapal penuh bahan makanan yang dikirimkan secara sembunyi-sembunyi. Cukai Britania mencoba mencegah masuknya kapal-kapal itu, namun gagal karena menyelundup ke dermaga Drogheda.


Tindakan amal ini adalah momen sejarah yang tidak hanya penting diingat, tetapi juga untuk diaplikasikan dalam kehidupan modern saat ini. Di kemudian hari, sebagai pengingat bantuan Kesultanan Utsmani itu, tentara dan klub sepak bola Drogheda menyematkan bulan sabit bintang ala Turki Utsmani sebagai lambang seragam mereka.


*Sumber: www.archiveislam.com
Share on :
Comments
0 Comments
 
Copyright © 2013-2017 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang