Rajab untuk Ramadhan

1 May 2014

Oleh: Mochammad Maola – Yogyakarta 
Saya pikir setiap kita mungkin punya soundtrack ramadhan tersendiri. Sebelum membaca notes ini, saya sarankan untuk memasukkan dalam playlist lagu-lagu bernuansa ramadhan yang anda sukai untuk membangkitkan suasana Ramadhan.
 
Bismillah
 
Alhamdulillahi wa sholatu ala rosulillah, saat ini kita telah disampaikan pada bulan Rajab. Insya Allah kita semua berharap agar dipertemukan dengan Sya’ban, lalu Ramadhan. Bulan yang kita cintai dan kita nanti.
 
Rajab, adalah tempat kita mulai berlatih diri berpuasa bagi yang bulan-bulan sebelumnya tidak pernah puasa. Jangan terlalu optimis bahwa kemampuan lambung anda masih sehebat ramadhan sebelumnya. Semoga dengan berpuasa di Rajab ini dapat mendekatkan kita pada-Nya sekaligus melatih lambung kita tersayang.
 
Rajab, adalah tempat kita mempersiapkan agenda Ramadhan kita kelak. Barangkali kita akan mengikuti kepanitian yang sama dengan tahun lalu, atau mau pindah dari yang sebelumnya aktif di kampung lalu ke kampus atau sebaliknya. Atau Ramadhan yang akan datang akan dijadikan momentum pertama kita menjadi panitia Ramadhan. Yang jelas, menjadi panitia Ramadhan itu menyenangkan teman.
 
Banyak momen tak terlupakan ketika menemani adik-adik ta’jilan, snack yang mungkin kekurangan dan harus membeli di toko sebelah secepatnya, menunggu ustadz, mencuci gelas atau piring di dapur, jalan-jalan selepas shubuh diantara sulutan petasan, berlomba-lomba memperbanyak tadarus, tidur di masjid bersama teman, keliling kampung membangunkan warga untuk sahur, mencari lampion untuk takbiran, dan masih banyak lagi momen-momen yang memang sepertinya bisa dilakukan kapan-pun, namun kita selalu berharap menjumpainya dalam balutan Ramadhan.
 
Rajab, selain melatih diri berpuasa, latih juga persiapan target kita di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan sebagai bulan yang setiap amal ibadah dilipatgandakan, tentunya membuat orang ingin beribadah semaksimal mungkin. Ada yang membuat target supaya dalam sebulan khatam al-qur’an, ada yang ingin menambah hafalan hingga sekian surah, ada yang ingin sholat 5 waktu berjamaah di masjid dan on time, ada yang ingin selalu bangun tiap malam untuk sholat minimal sekian raka’at, ada yang ingin menggiatkan sholat dhuha, ada yang ingin infaq/sedekah tiap harinya sekian rupiah, dan lain sebagainya.
 
Berbagai target itu akan susah jika kita tidak terbiasa melakukannya. Rajab adalah momentum yang pas untuk memulainya sedikit demi sedikit. Yang perlu dicatat, setelah kita berhasil mendapatkan target di bulan Ramadhan, kita harus tetap mempertahankannya di bulan Syawal dan seterusnya. Hingga bulan Ramadhan tahun depan, jika dipertemukan kita meningkatkan lagi targetnya. Jika sebelumnya dalam sebulan bisa khatam 1 kali tadarus Al-Qur’an, tahun depan ditingkatkan lagi. Sehingga setiap tahun kita memiliki momentum khusus untuk meningkatkan kualitas diri, yakni Ramadhan Mubarok.

Rajab, kita mulai merencanakan agenda kita di bulan Ramadhan. Di bulan mulia itu tidak mungkin kita melewatinya dengan tanpa rencana. Cari tahu informasi agenda akademik di kampus/ sekolah/ atau di instansi manapun, perhatikan jadwalnya. Cari tahu agenda lain yang bisa diikuti, biasanya banyak kajian-kajian dimana-mana.
 
Ada juga les bahasa arab, pesantren kilat, dan sebagainya. Maksimalkan saat-saat Ramadhan dengan kegiatan bermanfaat. Rencanakan sejak sekarang, termasuk yang paling sering adalah undangan untuk buka puasa bersama. Pilih prioritas anda karena sering dalam sehari ada banyak undangan buka bersama. Juga waktu dimana anda yang akan mudik mulai memesan tiket.
 
Rajab, diikuti Sya’ban, adalah tempat berlatih untuk Ramadhan. Ramadhan, tempat berlatih untuk setahun ke depan. Ramadhan bukan puncak dari ibadah kita, tapi sebuah kawah candradimuka guna melatih diri kita menjadi lebih baik untuk bulan-bulan setelah Ramadhan. Semoga kita dipertemukan dengan Ramadhan esok, dan melewatinya dengan sempurna sehingga diri kita menjadi lebih baik.
 
Allahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana, wa balighnaa Ramadhan
 
Playlist saya ketika menulis ini: Haddad Alwi – Puasa, Haddad Alwi feat Gita Gutawa – Salam Ramadhan, Haddad Alwi feat Anti – Marhaban yaa Ramadhan, Opick – Ramadhan Tiba, Repvblik – Hidupku di Jalan-Mu, Vagetoz – Kuatkan Aku, Snada – Belajar dari Ibrahim. []
Share on :
Comments
0 Comments
 
Copyright © 2013-2017 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang