Poin Penting Visi-Misi Capres: ‘INDONESIA HEBAT!’ vs ‘SELAMATKAN INDONESIA!’

29 May 2014

SANTRIJAGAD ~ Ada dua kubu yang bertanding memperebutkan kursi kepresidenan pada pilpres 9 Juli nanti. Keduanya sedang membangun kekuatan dan sama-sama menarik simpati rakyat dengan janji-janjinya masing-masing.

Kedua pasangan calon sudah mengumumkan visi dan misinya untk ditelaah oleh masyarakat sebagai bahan pertimbangan memilih. Pasangan Jokowi – Jusuf Kalla mengusung slogan “Indonesia Hebat”, sedangkan Prabowo – Hatta Rajasa mengangkat “Selamatkan Indonesia”.

Ada baiknya kita telaah poin-poin program yang akan dilaksanakan masing-masing pasangan jika berhasil memangku amanat kepresidenan. Setidaknya, dokumen visi-misi ini bias menjadi bahan pertimbangan kita sekaligus bahan gugatan jika suatu hari calon terpilih mangkir dari janjinya.

Visi Jokowi – Jusuf Kalla:
Kubu ini mengusung Ideologi Trisakti sebagai platform perjuangan, yakni;

  1. Kedaulatan dalam politik. Diwujudkan dalam pembangunan demokrasi politik yang berdasarkan hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
  2. Berdikari dalam ekonomi. Diwujudkan dalam pembangunan demokrasi ekonomi yang menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan di dalam pengelolaan keuangan negara dan pelaku utama dalam pembentukan produksi dan distribusi nasional.
  3. Kepribadian dalam kebudayaan. Diwujudkan melalui pembangunan karakter dan kegotong-royongan yang berdasar pada realitas kebhinekaan dan kemaritiman sebagai kekuatan potensi bangsa dalam mewujudkan implementasi demokrasi politik dan demokrasi ekonomi Indonesia masa depan.
Sembilan agenda prioritas yang menjadi program kerja kubu ini disebut ‘NAWACITA’, yakni:
  1. Menghadirkan kembali Negara untak melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya dan pembangun pertahanan negara Tri Matra terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
  2. Membuat Pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.
  3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat Daerah-daerah dan Desa dalam kerangka Negara Kesatuan.
  4. Menolak Negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hakum yang bebas horupsi, bermartabat dan terpercaya.
  5. Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, kesehatan dan pekerjaan, perumahan dan kepemilikan tanah.
  6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.
  7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor sektor strategis ekonomi domestik. Mewujudkan kedaulatan pangan melalui kebijakan perbaikan irigasi rusak dan jaringan irigasi di 3 Juta hektar sawah.
  8. Melakukan revolusi karakter bangsa, melalui kebijakanpenataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan (civic education), yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan.
  9. Memperteguh Ke-Bhineka-an dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antar warga. Sehingga bisa mengembalikan ruh kerukunan anatar warga sesuai dengan jiwa konstitusional dan semangat Pancasila 1 Juni 1945. 
Uraian visi-misi Jokowi – Jusuf Kalla selengkapnya bisa dibaca di sini:
http://opajappy.com/2014/05/27/visi-dan-misi-jokowi-jusuf-kalla/

Visi Prabowo – Hatta Rajasa:
Kubu ini mengusung niat untuk; Membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta bermartabat. Visi kubu ini:

  1. Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, aman dan damai, bermartabat, demokratis, berperan aktif dalam perdamaian dunia, serta konsisten melaksanakan Pancasila dan UUD 45.
  2. Mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, dan percaya diri menghadapi globalisasi.
  3. Mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya luhur; berkualitas tinggi: sehat, cerdas, kreatif dan trampil.
Agenda dan Program Kerja kubu ini bertemakan ‘Menyelamatkan Indonesia’, yakni;
  1. Membangun perekonomian yang kuat, berdaulat, adil dan makmur. Yakni dengan meningkatkan pendapatan per kapita penduduk, pemerataan, daya serap angkatan kerja, reformasi pengelolaan sumber daya alam, dan renegosiasi kontrak-kontrak pertambangan.
  2. Melaksanakan ekonomi kerakyatan. Yakni dengan memprioritaskan peningkatan alokasi anggaran untuk program pembangunan pertanian, kehutanan, perikanan dan kelautan, koperasi dan UMKM, serta industri kecil dan menengah. Melindungi hak-hak buruh termasuk buruh migran (TKI/TKW). Mempercepat reformasi agraria.
  3. Membangun kembali kedaulatan pangan, energi dan sumberdaya alam. Yakni dengan mencetak 2 juta hektar lahan baru, membangun Demplot Peningkatan Produktifitas Pertanian Rakyat di setiap kabupaten, pembangunan industri pengolahan pangan, peternakan dan perikanan yang berdaya saing tinggi, mengembalikan tatakelola migas nasional, mengurangi subsidi BBM khusus terhadap orang kaya.
  4. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dengan melaksanakan reformasi pendidikan. Yakni dengan realokasi dan peningkatan efisiensi terhadap pos belanja pendidikan. Melaksanakan wajib belajar 12 tahun dengan biaya Negara. Meningkatkan martabat dan kesejahteraan guru, dosen dan penyuluh. Memperbaiki secara masif kualitas dari fasilitas pendidikan. Memberikan insentif kepada perusahaan/lembaga swasta yang menjalankan program magang bagi lulusan baru. Mengembangkan sekolah-sekolah kejuruan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, maritim dan industri.
  5. Meningkatkan kualitas pembangunan sosial melalui program kesehatan, sosial, agama, budaya dan olahraga. Yakni dengan menjamin pelayanan kesehatan gratis bagi rakyat miskin. Memberantas perdagangan manusia, membasmi peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan hukuman berat bagi pelakunya, dan memberikan perlindungan yang efektif kepada perempuan dan anak serta kelompok rentan lainnya. Mengembangkan rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota. Melestarikan warisan seni budaya sebagai kekuatan dan pemersatu bangsa. Meningkatkan prestasi olahraga nasional.
  6. Mempercepat pembangunan infrastruktur. Yakni dengan membangun prasarana di seluruh wilayah Indonesia: jalan, jembatan, irigasi, pelabuhan, perumahan, serta fasilitas informasi dan komunikasi.
  7. Menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup. Yakni dengan reboisasi massal, penindakan tegas illegal logging, reformasi pengelolaan hutan, pengaturan hutan kota, rehabilitasi sungai dan sumber air.
  8. Membangun pemerintahan yang melindungi rakyat, bebas korupsi dan efektif melayani. Yakni dengan menindak diskriminasi, peningkatan kesejahteraan aparatur Negara, penindakan tegas korupsi, penguatan TNI/POLRI, pelaksanaan politik luar ngeri bebas-aktif.
Uraian visi-misi Prabowo – Hatta Rajasa selengkapnya bisa dibaca di sini:
http://selamatkanindonesia.com/Agenda-Prabowo-Hatta.pdf

Demikian ringkasan saduran visi-misi serta program kerja dua pasangan capres-cawapres Indonesia 2014. Dokumen umbar janji ini bisa menjadi alat kontrol rakyat sekaligus bahan gugat jika suatu saat mereka berkhianat. Adalah suatu keniscayaan bagi kita untuk bersikap arif, yakni dengan bertanggung jawab atas pilihan masing-masing, serta bersikap dewasa dalam perbedaan. [Zq]
Share on :
Comments
0 Comments
 
Copyright © 2013-2017 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang