Geometri Kompleks dalam Desain Islam

15 October 2015

Dalam kultur islam, geometri  dapat dijumpai pada banyak unsur. Kita dapat menemukan geometri pada karpet, masjid,  bangunan istana dan rumah-rumah. Menurut catatan sejarah, tradisi ini dimulai pada abad ke 8 masehi, pada awal sejarah perkembangan islam.  ketika itu,  para perajin mengambil motif yang sudah ada dari roma dan Persia dan mengembangkan motifnya sendiri menjadi suatu pola unik yang baru.

Masjid Nasir al-Mulk (Persia / Iran)
Pada periode sejarah tersebut, islam sedang mengalami masa keemasannya. Banyak temuan yang telah ada dari peradaban sebelumnya dilestarikan dan dikembangkan. Hal tersebut berefek pada kemajuan perkembangan di bidang studi sains dan matematika.


ilustrasi masa keemasan islam



Bersamaan dengan hal tersebut, terjadi peningkatan penggunaan abstraksi dan geometri kompleks yang elegan pada aplikasi seni bercorak islam. Pola rumit yang indah ini menghiasi  karpet, produk tekstil , elemen-elemen bangunan  dengan pola pengulangan yang nampak seperti tak terhingga, melambangkan keagungan, kontemplasi dan pola keteraturan yang abadi.


contoh pola geometri kompleks

Meskipun bentuk geometri ini terlihat sangat komleks  dan  luar biasa rumit, pola pola tersebut dapat dibuat hanya dengan jangka (untuk menggambar lingkaran) dan penggaris (untuk menggambar garis). Dan dari peralatan simpel ini, kita bisa membuat  banyak sekali corak yang dapat digunakan untuk membuat suatu pola-berulang.


peralatan yang digunakan untuk mendesain corak



Jadi bagaimana cara membuatnya? Semua corak berawal dari sebuah lingkaran, Baca selengkapnya disini : Dimensi Sains
Share on :
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013-2017 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang