Renungan Pohon

13 October 2015

Ketika ada satu pohon roboh, maka akan terdengar suara robohnya. Akan tetapi hutan yang menumbuhkan berbagai macam pepohonan, tidaklah terdengar suara tumbuh kembangnya. Begitu pun seringkali orang-orang tidak melihat perkembangan dan keistimewaan orang lain. Namun apabila orang lain itu jatuh bangkrut atau semisalnya, maka kabar kebangkrutannya akan tersebar nyaring di mana-mana. Maka waspadalah, karena Musuhmu ada tiga orang yaitu:
1. musuhmu.
2. musuhnya temanmu.
3. temannya musuhmu.

Akan tetapi tetap tenanglah, karena Temanmu ada tiga yaitu:
1. temanmu.
2. temannya temanmu
3. musuhnya musuhmu.

Hal itu dipraktekkan oleh salah satu iklan antibacterial disebut 99 % menghilangkan kuman. Dalam salah satu iklan shampo dikatakan 8 dari 10 wanita memakai shampo ini. Mereka tidak berani menvonis 100 % dan 10 dari 10. Terkadang sudah memakai produk itu tapi tetap masih terkena kuman dan rambut masih rontok, karena ada 1 % yang tidak dihilangkan.

Begitu juga orang sebaik apapun, jangan sampai sombong dan merasa paling wah, karena ada satu dua perkara yang mungkin menjerumuskannya dalam kesesatan dan menyeretnya menjadi orang yang terhina. Begitu pun sejelek apapun manusia dan sebanyak apapun kesalahan, janganlah membuatnya berputus asa, karena mungkin ada satu dua amal kebaikan yang dilakukan menjadikannya selamat dan berubah menjadi orang yang baik pada akhirnya (Kanthongumur)
Share on :
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013-2017 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang