Mengharumkan Nama Allah

30 November 2015

Diambil dari Buku Akhlak Para Wali karya Habib Naufal bin Muhammad Alaydrus



SANTRIJAGAD ~ Bisyr bin Harits Al-Hafi, sebelum bertobat merupakan seorang pengembara yang berperangai buruk. Pada suatu hari dalam pengembaraannya, ia menemukan secarik kertas bertuliskan Basmalah tergeletak di tanah dan di injak-injak oleh orang-orang yang berlalu lalang di jalan tersebut. Bisyr segera memungut, memebersihkan dan memasukkan kertas itu ke dalam kantong bajunya. Setelah itu, dengan sisa uang yang dimilikinya, Bisyr pergi ke toko parfum dan membeli satu botol wewangian seharga dua dirham. Setelah mengharumkan kertas tersebut, Bisyr meletakannya di tempat yang mulia. Malam harinya Bisyr bermimpi mendengar sebuah suara berkata : 

“ Duhai Bisyr, engkau telah mengharumkan nama Allah, maka Allah akan mengharumkan namamu di dunia dan akhirat.”

Keesokan harinya Bisyr bertobat dan akhirnya menjadi salah seorang wali Allah yang keharuman namanya tidak pernah pudar.

Tidak sedikit umat islam yang kurang memperhatikan kehormatan nama Allah. Begitu banyak orang yang menjadikan kertas-kertas bertuliskan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai pembungkus makanan atau sayuran yang mereka jual. Pembeli yang menemukan kertas bertuliskan nama Allah, ayat-ayat al-Qur’an pun membiarkannya begitu saja dan tidak memuliakannya. Ini menunjukan bahwa iman dan cinta mereka kepada Allah masih sangat tipis. 

Bisyr bin Harits Al-Hafi kendati saat itu berperangai buruk, ia mengerti akan kebesaran Allah dan memiliki hati yang mengagungkan Allah. Ia tidak rela melihat nama Allah diinjak-injak. Sikap Bisyr bin Harits Al-hafi yang demikian ini membuahkan hasil yang luar biasa. Allah memberinya hidayah dan menjadikannya sebagai salah seorang wali-Nya. Oleh karena itu, mari kita agungkan Allah dari lubuk hati yang paling dalam, sehingga Allah pun memuliakan kita. Dalam sebuah pepatah di sebutkan :

Al-Madadu fii Al-masyhud 
Karunia akan di peroleh sesuai cara pandang seseorang

Share on :
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013-2017 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang