Agenda: Santri Sinau Sains dan Teknologi

2 December 2015

Di era modern ini banyak alumni Pondok Pesantren di seluruh penjuru Nusantara yang melanjutkan menuntut ilmu di Universitas, baik dalam negeri maupun di luar negeri. Banyak pula santri-santri Pondok Pesantren yang fokus mempelajari bidang Sains dan Teknologi. Dan tidak sedikit dari mereka yang berprestasi membanggakan Indonesia, antara lain;
Santri Inspiration Centre
Fika Fauzi, ustadz gaul ahli Nahwu-Shorof yang sekarang belajar di Belanda bidang Fisika. Skripsi beliau tentang fisika quantum yang sangat abstrak. Ahmad Ataka, jiwa santrinya (dalam pengertian Gus Mus; tawadlu' kepada Allah SWT dan kepada orang alim adalah santri) selalu mendampingi beliau hingga kuliah Ph.D di UK bidang Robotika. Ainun Najib, santri penggagas situs Kawal Pemilu pada Pemilihan Umum 2014 lalu. Santri mantan data scientist IBM Singapore ini baru saja menginisasi acara Hackathon Merdeka, sebuah ajang kompetisi IT, di Istana Presiden Agustus silam. Ibrahim Malik, santri Gontor yang baru saja bertemu dengan Presiden USA Barack Obama. Birrul Qodriyyah, santriwati dari Jogja dengan segala prestasinya yang sangat membanggakan Indonesia. Nazri Afandi Pasaribu, santri dari Kota Barus Sumatera Utara yang baru saja bersama Tim Ulil Albab UII menjuarai kompetisi Mobil Listrik Indonesia. Dan Malik Khidir, santri asal Tegal yang menginisiasi teknologi robotika Savinna.

Untuk itu, sebagai bentuk kampanye bagi masyarakat, sekaligus wadah berinteraksi bagi para santri yang berminat dalam bidang ini, digelarlah rangkaian acara inspiratif pada Ahad (6/12) besok di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Yogyakarta. Santri Inspiration Centre bekerja sama dengan PMII, KMNU UII, KMNU UNY, serta didukung Kementrian Pemuda dan Olahraga RI dan Kalamika Robotika, mengagendakan dua acara.

Pertama, “Dialog Pemuda Inspiratif Nusantara & Expo Karya Pemuda”, pada Ahad pagi pukul 08.00-12.00 WIB di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama (Dekat UIN Sunan Kalijaga, Jalan Laksada Adisucipto No. 88) Yogyakarta. Dalam acara ini, akan dihadiri H. Imam Nahrawi (Menteri Pemuda dan Olahraga RI), dan KH. Abdul Wahid Maktub (Staff Khusus Menristek/ Mantan Duta Besar RI untuk Qatar).

Pembicara yang akan menyemarakkan acara ini di antaranya; Nazri A Pasaribu (Mobil Listrik UII), Malik Khidir (CEO PT. STECHOQ / Gold Medal Fire Fighting International Robot Contest), Ibrahim Malik (Mapres UII 2015/ Young Southeast Asian Leader Initiative), Birrul Qodriyah (Mapres UGM 2013/ Mahasiswa Paling Inspiratif Nasional 2013), serta Mukhanif Yasin Yusuf (Difabel Berprestasi/ Penulis Novel "Jejak Pejalan Sunyi" ).

Untuk mengikuti acara ini, silakan daftarkan diri dengan SMS format “Nama_Universitas/Instansi_No HP” dan kirim ke 085747141816 (Yusuf), GRATIS. Kuota terbatas 400 Kursi, peserta akan mendapatkan goodie bag, seminar kit, snack, serta kaos (untuk 100 hadirin pertama). Di sekitar arena dialog akan digelar berbagai stand expo karya kreatif para pemuda dan santri yang tentu akan sangat bermanfaat untuk dikunjungi.

Malamnya, Ahad (6/12) pukul 19.00 WIB di tempat yang sama, akan digelar pengajian bertajuk “Peran Santri dalam Sains dan Teknologi”, yakni event sinau bersama Cak Nun (Emha Ainun Najib) dan Kiai Kanjeng. Tentu dalam sinau bareng bersama santri budayawan ini tidak dibatasi kuota, tidak perlu konfirmasi pendaftaran, dan akan berlangsung hingga menjelang tengah malam.

Mari kita berjamaah, bersinergi, berjuang bersama-sama untuk bangsa ini. Mari para santri bersama membangun bangsa ini, seusai dengan bidang dan keahliannya masing-masing. Semoga bermanfaat ke depannya. [Zq]
Share on :
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013-2017 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang