Bagaimana Syariat Pernikahan Nabi Muhammad dan Sayyidah Khadijah?

14 December 2015

Seperti halnya kita maklumi bahwasanya Nabi Muhammad saw, menikah dengan Siti (Sayyidati) Khodijah berusia 25 tahu. Dengan demikian Nabi Muhammad saw. belum diangkat menjadi rasul. Lalu dengan cara syariat apa beliau menikah dengan Siti Khodijah? Lalu berapa mas kawin beliau?
Begini jawabannya. Nabi Muhammad saw menikah dengan Siti Khodijah tidak memakai syariat agama dari para nabi sebelumnya, karena beliau tidak melakukan ibadah dengan syariat nabi sebelumnya. Sebagaimana disebutkan di dalam kitab Al Fatawi Al Haditsah dari Ibnu Hajar Al Haitami, halaman 111:

وَقَوْلُ السَائِلِ: هَلْ كَانَ نَبِِِيُّنَا مُحَمَّدٌ صَلَّي الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ مُتَبَعِّدًا الخ ؟. جَوَابُهُ: أَنَّ أَلْعُلَمَاءَ أِخْتِلَفُوْا هَلْ كَانَ صلي الله عليه وَسلَّمَ قَبْلَ بِعْثَتِهِ مُتَبَعِّدًا بِِشَرْعِ مَنْ قَبْلَهُا اَوْلاَ ؟. فَقَالَ اَلْجُمْهُوْرُ: لَمْ يَكُنْ مُتَبَعِّدًا بِشَيْء وَا حْتَجُّوْا بِأَنَّ ذَلِكَ لَوْوَقَعَ لَنُقِلَ لِمَاأَمْكَنَ كِتْمُهُ وَلاَ سِتْرُهُ فيِ أَلْعَادَةِ وَلاَ فْتَخَرَاَهْلُ تِلْكَ الِشَرِيعَةِ صَلَّي الله ُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ عَلَيهِ وَاحْتَجُّوْابِهِ عَلَيهِ. فَلَمَّا لَمْ يَقَعْ شَيْءٌمِنْ ذَلِكَ عَلِمْنَاأَنَّهُ لَمْ يَكُنْ مُتَبَعِّدًابِشَرْعِ نَبِيِّ قَبْلَهُ.

Dan ucapan penanya, “Apakah Nabi kita Muhammad saw. beribadah … dst.” Jawabnya adalah bahwa sesungguhnya para ulama telah berbeda pendapat, apakah Nabi Muhammad saw. sebelum diutus, beribadah dengan syariat nabi sebelumnya atau tidak? Jumhur ulama berkata, “Tidaklah Nabi Muhammad beribadah dengan sesuatupun.” Mereka mengambil dalil, bahwa hal tersebut jika telah terjadi, niscaya telah dikutip, karena tidak mungkin menyembunyikan dan menutupinya dalam adat kebiasan. Dan niscaya pemilik syariat tersebut akan membanggakan diri dengan ibadah yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad dan berhujjah dengannya. Maka tatkala sedikitpun dari hal tersebut tidak terjadi, maka kita ketahui bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad saw, tidak beribadah dengan syariat seorang Nabi sebelum beliau.

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim diceritakan bahwa mahar yang diberikan Nabi Muhammad saw adalah berupa uang sebanyak 500 dirham. Disebutkan di dalam Sahih Muslim juz 1 halaman 597:

حَدَّثَنَا عَبْدُ العَزِيْزِ عَنْ يَزِيْدٍ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ عَنْ أبِى سَلْمَةَ عَنْ عَبْدِ الرَحْمَنِ أَنَّهُ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ زَوْجض النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمْ كَانَ صِدَاقُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, قَالَتْ: كَانَ صِدَاقُهُ لأَزْوَاجِهِ ثِنْتَى عَشْرَةَ أوْقِيَةً وَنَشًّاز قَالَ: قَالَتْ: أتَدْرِى مَا النَّشُّ ؟. قَالَ: قُلْتُ: لاَ! قَالَتْ: نِصْفُ أوْقِيَةٍ ؛ فَتِلْكَ خَمْسُمِائَةِ دِرْهَمٍ. فَهَذَا صِدَاقُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لأَزْوَاجِهِ.

Telah menceritakan hadist pada kami Abdul Aziz dari Yazid dari Muhammad dari Ibrahim dari Abi Salamah dari Abdur Rahman bahwa sesungguhnya dia berkata: saya telah bertanya kepada Aisyah isteri Rasulullah saw., berapa jumlah mas kawin Rasulullah saw.? Aisyah berkata: mas kawin Rasulullah saw kepada para isteri beliau adalah 12 auqiyah dan satu nasy. Aisyah berkata: Tahukah engkau apakah nasy itu? Abdur Rahman berkata: Aku berkata: Tidak! Aisyah berkata: Setengah auqiyah. Jadi semuanya 500 dirham. Inilah mas kawin Rasulullah saw kepada para isteri beliau. [Zq]
 

*Sumber: Koleksi Bahtsul Masail yang dimiliki oleh KH. A. Masduqi Machfudh, termasuk arsip Kolom Bahtsul Masail dari majalah PWNU Jawa Timur Aula, Bahtsul Masail Wilayah (PWNU) Jawa Timur, dan Bahtsul Masail pada muktamar maupun pra-muktamar NU. www.santri.net
Share on :
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013-2016 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang