Membasuh Wajah

23 February 2016

Batasan membasuh wajah ada dua bagian. Pertama, bagian wajah dari atas ke bawah (vertikal) yaitu mulai dari bagian kepala yang umumnya ditumbuhi rambut sampai ujung dagu dan tulang rahang bagian bawah. Kedua, bagian wajah antara dua sisi kanan dan kiri (horisontal) yaitu tempat antara dua telinga.
 
 Bagian Wajah yang Dibasuh
 
Yang wajib dibasuh adalah keseluruhan bagian wajah yang tampak (bagian luar) dan segala apa yang tumbuh pada bagian wajah, seperti bulu mata, alis, kumis, jambang dll. Sedangkan bagian dalam mulut dan lubang hidung tidak wajib di basuh, karena bukan termasuk bagian dari wajah yang tampak. Begitu juga mata, karena tidak selalu terbuka disebabkan berkedip.
 
Adapun untuk jenggot yang lebat hanya wajib dibasuh bagian luarnya saja, menyela-nyelai dengan tangan yang basah hukumnya sunah, untuk jenggot yang tidak lebat, dengan sekira orang berbicara masih tampak kulit tempat tumbuhnya jenggot maka wajib dibasuh luar maupun dalamnya.
 
Batasan membasuh tidak cukup hanya menempel, tetapi sekira air mengalir pada kulit. [Faqih]
 
Sumber: Fiqh Ibadah Panduan Lengkap Beribadah Versi Ahlussunah. Lembaga Ta’lif Wannasyr Ponpes Al Falah Ploso Mojo Kediri. 2009.

Share on :
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013-2016 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang