Apa Itu Wudlu?

10 February 2016

Wudlu menurut arti bahasa adalah bersih dan indah. Sedangkan menurut arti syara' ialah menggunakan air pada anggota badan tertentu yang diawali dengan niat.

                                                                                      Sumber foto: Google

Setiap hendak melaksanakan wudhu, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Syarat-syarat itu meliputi Syarat Wajib dan Syarat-Syarat pelaksanaan wudlu.

Syarat wajib wudlu: 1). Islam 2). Baligh 3). Berakal. Sedangkan syarat-syarat pelaksanaan wudlu meliputi 1). Menggunakan air suci dan mensucikan 2). Mengalirnya air pada anggota wudlu 3). Tidak terdapat sesuatu pada anggota wudlu yang bisa merubah sifat air dengan kuat, seperti,tinta, tepung dll 4).Tidak terdapat sesuatu yang bisa menghalangi sampainya air ke anggota wudlu, seperti cat,  lilin dll 5). Masuknya waktu sholat bagi orang yang mengalami istihadloh dan orang beser.

Selain syarat wudlu, hal lain yang harus terpenuhi adalah rukun-rukun wudlu. Rukun wudlu merupakan sesuatu yang harus dilakukan ketika melaksanakan wudlu. Rukun wudlu meliputi 1). Niat wudlu, 2). Membasuh wajah, 3). Membasuh tangan hingga siku-siku, 4). Mengusap sebagian kepala, 5). Membasuh kaki hingga mata kaki 6). Tertib.
  
Apabila rukun-rukun wudlu ada yang terlewatkan maka, wudlu dihukumi tidak sah dan harus diulangi. Dan apabila lupa, kemudian ingat setelah sholat, maka wajib hukumnya diulangi kembali. Syarat adalah hal yang bukan esensial, atau dengan kata lain kewajiban pra wudlu, Sedangkan rukun merupakan hal esensial atau komponen wudlu yang harus dilakukan [Faqih]

*Sumber: Fiqih Ibadah, Panduan Lengkap Beribadah Versi Ahlusunnah, Pondok Pesantren Al-Falah, Ploso Mojo Kediri
Share on :
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013-2016 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang