Syaikh Mutawalli as-Sya'rawi: Bagaimana Cara Terbaik MenyebarLuaskan Islam?

22 March 2017

Berperilaku baik sebagai seorang muslim adalah cara terbaik untiuk mengenalkan dan dakwah dalam islam. Kenapa ? karena ketika seorang kafir melihat seorang mukmin dengan cara seperti ini. Setiap mukmin harus  melakukan pekerjaan yang bagus di setiap bidangnya. Ini akan membuatnya tertarik untuk percaya kepada Islam. Apasih sesungguhnya yang membuat seluruh dunia kurang teratrik dengan agama kita ? mereka mempelajari tentang Agama Allah dari perilaku umat Islam. Tapi, apakah umat islam berperilaku berdasarkan ajaran islam ? ini point pentingnya.

Para Cendekiawan dari kalangan mereka tidak mempelajari tentang agama kita dari perilaku umat islam. Kenapa ? Mereka mengatakan bahwa,  “Hal tersebut tidaklah adil. Ini hal yang tidak mungkin bahwa seorang muslim di jadikan cerminan untuk agamanya ? jadi kita tidak mempelajari tentang islam lewat umat islam. Kenapa ? karena ada perilaku yang mana perilaku tersebut dianngap sebagai sebuah kejahatan dalam agama mereka (islam). Dan sejak mereka menganggap bahwa itu adalah sebuah kejahatan, ada hukuman yang diberikan oleh agama mereka untuk tindakan tersebut. Kemudian ada kemungkinan besar dari mereka untuk melakukannya."   

Ketika ada seorang Muslim yang mencuri, kalian tidak akan pernah melihat ada seorang cendekiawan dari kalangan mereka berkata, “Semua orang islam mencuri.” tapi, lihatlah pada hukum mereka (islam) : apakah hukum mereka menganggap pencurian sebagai tidankan kriminal atau tidak ? apakah hukum mereka memberikan hukuman atau tidak ? kemudian, jangan lantas berkata, “Lihatlah umat islam”. Karena ini adalah sebuah tindakan yang mana Allah swt tahu bahwa itu akan terjadi. Oleh karena itu, Allah mengutuk tindakan tersebut.  

Para Cendekiawan dari kalangan mereka mempelajari tentang agama islam dari prinsip agama islam itu sendiri. Bukan dari perilaku umat islam. Karena kemungkinan besar akan ada sebuah bantahan dan hal ini dianggap sebuah kejahatan dalam agama. Yang mana kemudian hasil dari anggapan ini adalah kebencian terhadap islam. 

Jadi, suatu saat ketika mereka mendapati kita berperilaku baik di segala aspek kehidupan, mereka akan mengatakan, “Betapa luar biasanya agama ini.” Dan hal ini menjadi sebuah contoh yang menjadikan islam meluas dalam kehebatannya, sampai pada akhir abad pertengahan.

Negara islam telah mempunyai perwakilan di negara-negara non muslim, Apabila kalian mengececk ibu kota - ibu kota negara di dunia barat. Berapakah kedutaan negara muslim yang kamu temukan ? enam puluh tiga, baik. Di setiap kedutaan ada pekerja. Berapa jumlah pekerja yang ada di setiap kedutaan ? katakanlah hanya lima, lima orang dengan keluarganya. Setiap keluarga terdiri dari tiga anggota keluarga; ayah, ibu dan satu anak.  Tiga dikali lima sama dengan lima belas. Lima belas dikali enam puluh tiga samadengan ? sembilan ratus empat puluh lima. Tempatkan mereka semua di ibu kota negara non muslim. Mereka kemudian menemukan seorang pengikut, koloni umat islam tidak menggoda mereka dengan hiasan dan materi. Umat islam tidak akan mengajak salah satu dari mereka untuk meminum segelas alkohol di sebuah pesta dan Umat Islam tidak akan mengajak salah satu dari mereka untuk menonton sebuah pesta. Mereka tidak akan menemukan salah satu dari umat islam di sebuah klub malam, mereka tidak akan menemukan seorang wanita muslim memakai pakaian terbuka. Sejujurnya, akankan kemudian mereka tidak tertarik perhatiannya ?

Bagaimanapun, apabila mereka telah berhasil tergoda. Mereka akan mengatakan, “Islamlah yang benar, hal itu akan membuat mereka terlindungi”

Jadi, berperilaku baik sebagai seorang muslim , adalah cara paling baik dan bagus untuk mengenalkan dan berdakwah dalam islam.  

Share on :
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013-2017 Santrijagad
Didukung Oleh: Santri Foundation | Motto: Mengakar dan Merindang