Memerangi Ideologi Teroris - Santrijagad

Memerangi Ideologi Teroris

Share This
Oleh: Syaikh Abul Huda Muhammad bin Ibrahim al-Ya’qubi al-Hasani as-Syadzili, Suriah

Di dalam sejarah Islam, dimanapun, saya tidak menemukan tantangan zaman seperti yang kita hadapi saat ini. Kalian tidak dapat menghentikan dasar-dasar ekstremisme hanya dengan pakar keamanan, ahli intelijen atau ahli pertahanan. Melainkan harus dengan ulama yang menunjukkan jalan pada kalian bagaimana menyelamatkan pola pikir generasi selanjutnya dari pencucian otak. Sebab perang dimulai di dalam pikiran orang-orang.

Kita mungkin bisa mengalahkan ISIS saat ini, tapi kalau kita tidak menghapus penyebaran ideologinya, kita akan melihat generasi mendatang memerangi kita juga nantinya. Oleh karena itu sekaranglah saatnya bagi pemerintah di negara-negara Islam atau berpenduduk mayoritas muslim, untuk mengangkat ulama-ulama yang dapat menghentikan penyebaran ideologi ISIS.

Dan ini hanya dapat dilakukan oleh ulama-ulama Sunni, yaitu ulama Ahlus Sunnah wal Jama'ah, Islam yang menggunakan salah satu dari madzhab yang empat, Islam tasawwuf bukan islam khilafis, jihadis, radikalis, Islam yang rahmatan lil 'alamin, islam yang penuh hikmah, Islam yang moderat.

Islam inilah yang telah bertahan selama 14 abad dan akan terus ada hingga akhir zaman. Yaitu islam yang memberi ruang untuk semua orang, semua golongan. Islam yang menghargai segala perbedaan, bukan menjadikannya sumber permusuhan. Islam yang memberikan setiap orang kebebasan berpendapat dengan pendapat terbaik, serta tetap penuh adab, dengan adab yang terbaik pula.

Itulah Islam yang membawa kehidupan, bukan teror dan kematian. Membawa cahaya, bukan kegelapan, inilah Islam kita. Semoga Allah senantiasa memberkati kalian semua, dan semoga ampunan Allah dan kedamaian selalu bersama kita.

*Kutipan ceramah Syaikh Muhammad al-Ya’qubi di Zaytuna College, California. Buku beliau, Refuting ISIS, bisa diunduh dengan klik di sini

No comments:

Post a Comment