Pesantren di Tengah Kampus STAN - Santrijagad

Pesantren di Tengah Kampus STAN

Bagikan Artikel Ini
Oleh: Abdullah Rifqi Jauhari

Salah satu kampus kedinasan yang hingga saat ini masih jadi tujuan favorit pelajar seluruh Indonesia adalah Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN-STAN). Status ikatan dinasnya menjadi daya tarik bagi ribuan pemuda-pemudi untuk menjadi punggawa keuangan negara.

Pondok Pesantren Mahasiswa Baitul Imaniy (untuk santri putra) dan Raudlatul Imaniy (untuk santri putri) merupakan pondok pesantren yang didirikan oleh para alumni Mahasiswa PKN STAN yang juga menyandang status sebagai Alumni Ikatan Mahasiswa Nahdliyyin (IMAN) PKN STAN. Pondok Pesantren ini didirikan untuk memfasilitasi mahasiswa dan mahasiswi PKN STAN yang ingin menyeimbangkan kegiatan akademis di kampus PKN STAN dengan kegiatan akademis keagamaan yang berdasarkan pada konsep Ahlus Sunnah Wal Jama’ah An Nahdliyyah.


Tujuan utama Pondok Pesantren ini adalah membentuk mahasiswa PKN STAN menjadi santri yang mempunyai pola pikir dan karakter yang adil, proporsional, dan bijak serta mempunyai sikap yang moderat, toleran, seimbang, dan tetap konsisten untuk mengatakan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan demikian, santri dapat mengenal agama Islam sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin, yakni Islam sebagai kasih sayang baik kepada ummatnya yang teguh meyakini dengan keimanan dan ketakwaannya, maupun kepada seluruh umat manusia.

Saat ini, Pondok Pesantren Baitul Imaniy dan Raudlatul Imaniy (PPM BI RI) berlokasi di Perumahan PJMI Kelurahan Jurangmangu Timur Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan dengan empat rumah yang disewa untuk dijadikan asrama serta tempat kegiatan belajar dan mengajar. Adapun kurikulum yang diajarkan di madrasah diniyah PPM BI RI adalah terkait fiqih, tauhid, nahwu, hadits, dan keaswajaan. Dalam rangka pengajaran akademis keagamaan yang ada di PPM BI RI, Pada Tahun Ajaran 2018-2019 PPM BI/RI membuka dua kelas madrasah diniyyah, yakni Kelas Ula dan Kelas Wustho yang masing-masing terdiri dari 27 dan 30 orang santri. Kemudian untuk Tahun Ajaran 2019-2020, pengurus merencanakan dibukanya  kelas ‘ulya untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan keagamaan para santri.

PPM BI/RI diasuh oleh KH. Dawud Arif Khan, KH. Subkhan Ngalimun Elwardi, KH. Ichsan Nafarin, KH. Fathurrohman, KH. Muh. Dularif, dan Kiai Mokhamad Rizal Fanani dengan Penanggungjawab pelaksanaan Pondok Pesantren Kiai Tamam Khaulani. Sebagian besar dari pengasuh dan pengurus PPM BI/RI ini berlatarbelakang sebagai Aparatur Sipil Negara di beberapa  Kementerian/Lembaga di Indonesia dan juga merupakan alumni dari Organisasi Ikatan Mahasiswa Nahdliyyin (IMAN) PKN STAN.  Adapun Pengajar Madrasah Diniyah PPM BI/RI adalah asatidz lulusan pesantren dari berbagai daerah di Indonesia.


No comments:

Post a comment