Syaikh Ini Menyembunyikan 262 Orang Kristen di Dalam Masjid - Santrijagad

Syaikh Ini Menyembunyikan 262 Orang Kristen di Dalam Masjid

Bagikan Artikel Ini
SANTRIJAGAD - Pada 23 Juni 2018 terjadi kekacauan di wilayah Nigeria bagian tengah. Tepatnya di wilayah Barkin Ladi. Kelompok ekstrimis membantai orang-orang Kristen di sepuluh desa di sana.


Selepas mengimami salat zhuhur, Syaikh Abu Baker Abdullahi mendengar suara tembakan di luar masjid. Dia pun keluar dan mendapati ratusan orang berhamburan. Mereka adalah orang-orang Kristen dari desa Nghar Yelwa yang sedang diburu untuk dibantai.

Secara sadar, sang syaikh membuka pintu masjid dan mengarahkan para pelarian itu untuk masuk. Ia menyembunyikan 262 orang Kristen itu di dalam masjid dan rumahnya. Lalu dia berjaga di luar masjid untuk menghadapi para ekstrimis yang datang. Ia berdebat dengan mereka dan mempertaruhkan nyawanya sendiri.

Ratusan orang Kristen itupun selamat atas perlindungan sang imam di dalam naungan masjidnya. Syaikh Abu Baker Abdullahi berpegang teguh bahwa menyelamatkan nyawa manusia adalah salah satu tugas seorang muslim.

Dalam pembantaian hari itu, 86 nyawa melayang dan 50 rumah terbakar. Konflik ini terjadi antara suku Fulani yang merupakan suku penggembala nomaden dan beragama Islam dengan petani setempat. Sebelumnya pada bulan Januari, 72 nyawa melayang sebab konflik serupa di Nigeria. Pada bulan April, 19 nyawa dimabtai termasuk dua orang pendeta saat gereja mereka diberondong peluru.

*Disadur oleh Santrijagad dari laporan CNN. Wawancara kedutaan besar AS dengan Syaikh Abu Baker Abdullahi bisa disimak di sini; Interview with Abdullahi



No comments:

Post a comment